Headline

Recent Posts

Embed: STIP Jakarta


Click dan Drag foto 360 derajat !

KOLONE SENJATA TARUNA STIP

Alumni's Pride



Malam Keakraban Taruna STIP 2014

Prasasti Peresmian AIP

Prasasti Peresmian AIP
27 Februari 1957

CAAIP Apps for Android

CAAIP Apps for Android
Download Aplikasi CAAIP utk Android

an interesting

Prasasti Peresmian Gedung CAAIP

Prasasti Peresmian Gedung CAAIP

We are Magcro

Motion

Contact

Name

Email *

Message *

Loker Pelaut

Sekretariat CAAIP

TRANSLATE

Portfolio

recent posts

Pages

Popular Posts

Pelindo III Perkenalkan Dunia Pelabuhan dan Maritim Kepada Generasi Muda

Tuesday 1 March 2016

Surabaya, CAAIP.net - PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau Pelindo III kembali melibatkan institusi pendidikan untuk mengenalkan dunia kepelabuhanan dan maritim kepada generasi muda.  BUMN kepelabuhanan tersebut memilih perguruan tinggi dan mahasiswa sebagai sasaran penyampaian informasi melalui kegiatan bertajuk Pelindo III Goes to Campus.  Direktur SDM dan Umum Pelindo III Toto Heli Yanto mengatakan Pelindo III Goes to Campus merupakan tindak lanjut dari program Pelindo III Youth Camp yang juga melibatkan mahasiswa.  Kedua program tersebut menurutnya merupakan upaya Pelindo III dalam memberikan informasi seputar kepelabuhanan dan dunia maritim kepada para penerus bangsa.

"Pelabuhan memiliki peranan besar dalam perekonomian nasional mengingat Indonesia sebagai negara kepulauan, negara maritim, tapi tidak semua masyarakat paham dan mengerti tentang kepelabuhanan," kata Toto saat pembukaan Pelindo III Goes to Campus di Gedung Pasca Sarjana Institut Sepuluh (ITS) November Surabaya, Sabtu (27/2/2016).

Pelindo III Goes to Campus secara perdana dilaksanakan di Kampus Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya.  ITS dipilih mengingat perguruan tinggi tersebut memiliki jurusan yang berkaitan dengan dunia kemaritiman.  Pelindo III sendiri menyatakan jika program Pelindo III Goes to Campus akan dilaksanakan di beberapa perguruan tinggi yang ada di wilayah kerja Pelindo III.

"Selanjutnya akan kami adakan di Universitas Udayana, Universitas Diponegoro, Universitas Palangkaraya, dan sejumlah perguruan tinggi lainnya," tambahnya.

Sekretaris Perusahaan Pelindo III Yon Irawan menambahkan pelaksanaan Pelindo III Goes to Campus juga dilatarbelakangi oleh program tol laut yang digagas oleh pemerintahan Jokowi-JK.  Pelindo III sebagai BUMN kepelabuhanan memiliki peranan dalam menyukseskan program tersebut.  Serangkaian program pengembangan pelabuhan di wilayah Pelindo III masuk dalam masterplan program tol laut tersebut.

"Kami juga menginformasikan mengenai tananan kepelabuhanan dan tantangan dunia maritim kedepan.  Seperti konsep pelabuhan ramah lingkungan dan teknologi peralatan kepelabuhanan," sebutnya.

Selain itu, penyelenggaraan Pelindo III Goes to Campus juga dilatarbekalangi ketidaktahuan masyarakat mengenai dunia kepelabuhanan dan kemaritiman.  Industri di bidang tersebut masih kalah pamor dengan dunia migas dan perbankan yang memiliki daya tarik tinggi khususnya bagi mahasiswa aktif maupun mereka yang baru menyelesaikan pendidikannya di perguruan tinggi.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan ITS Prof. Dr. Ir. Heru Setyawan, M.Eng., mengapresiasi langkah Pelindo III yang melibatkan perguruan tinggi dan mahasiswa dalam menyampaikan informasi dan pengetahuan.  Perusahaan seperti Pelindo III dianggap sebagai sumber pengetahuan karena dalam pelaksanaan di lapangan pasti ada yang berbeda dari yang disampaikan di dalam kuliah.

"Mahasiswa bisa berinteraksi dan bertanya langsung dengan pelaku dibidang industri kepelabuhanan.  Informasi tersebut bisa menjadi tambahan pengetahuan bagi mereka," katanya.

Pemilihan perguruan tinggi dan mahasiswa sebagai sasaran penyampaian informasi tak lepas dari perannya dalam dunia pendidikan dan ilmu pengetahuan.  Informasi terbaru seputar kepelabuhanan dan dunia maritim diharapkan dapat menjadi tambahan ilmu dan pengetahuan.

Serangkaian kegiatan disiapkan untuk mendukung pelaksanaan Pelindo III Goes to Campus, diantaranya jalan sehat yang melibatkan masyarakat, pembagian hadiah, seminar maritim, dan penyerahan bantuan peduli lingkungan. (Rhp/Pelindo III) (Sumber Foto: Pelindo III)

No comments:

Post a Comment

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan CAAIP.net dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.
Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. CAAIP.net akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.
CAAIP.net berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.